Kamis, 21 Oktober 2010

Install Apache dan MySql di ubuntu


Seperti biasa hari ini saya menulis kembali, sebenarnya hari ini saya lagi gak mud, sorrynya saya tidak gunakan bahasa baku, yang penting bisa dpahami gitu aja cukup. Tadi malam saya update fedora cukup lama sampai jam 1 dini hari baru selesai, jam 2 pagi saya baru bisa tidur, pagi ini saya harus ngantor wah terasa juga nih badan akibatnya ngantuk deh, resiko pegadangkerjapun jadi gak mud, mau nulis juga gak mud pokoknya gak mud.

Ok gak papa dari pada bengong lebih baik nulis, mikirin cinta juga gak jelas nulis jelas beramal, mudah-mudahan jadi amal, walaupun hanya di blog anggap aja latihan siapa tahu darat durian runtuh ketimpok kepala benjol, hehehhee.

Dulu saya bingung bagaimana caranya install apache dan konco-konconya di ubuntu, soalnya gak ada buku yang membahas tentang ini tetapi berkat browsing di internet akhirnya selesai juga. ternyata gak susah-susah amat, gampang-gampang saja koq yang penting mau mencoba, gitu aja cukup, keberanian mencoba itulah modal utama dalam mempelajari sesuatu.

ada banyak cara menginstall apache di ubuntu salah satunya ikutin link berikut, cara saya sedikit berbeda dengan cara yang ada pada link tadi, karena saya menmggunakan panduan milik debian. yah debian dengan ubuntu kan saya walaupun ada perbedaannya, gak usaha dipikirkan perbedaan itu yang penting bisa jalan dengan normal atau tidak itu aja cukup.

ok langkahnya sebagai berikut :

Langkah Pertama, install apache dengan perintah

#sudo apt-get install apache2 apache2-doc

jangan lupa di tekan enter yah setelah itu biasanya sistem akan meminta password. masukkan aja password nya dan kemudian tekan y untuk melanjutkan proses installasi. seperti biasa saratnya harus konek internet.

Setelah selesai tinggal lakukan ujicoba pada browser, pada alamat browser ketikkan aja localhost, akam muncul hello word artinya sistem sudah terpasang dengan baik. pokoknya asal sudah konect dan tidak ada pesan error berarti sudah aktif deh.

langkah kedua : Install modul apache2

perintah untuk mengintallnya sebagai berikut :

#Sudo apt-get install libapache2-mod-perl2 mysql-server-5.1 libapache2-mod-php5 php5-cgi php5 php5-cli php5-curl php5-gd php5-mysql php-pear mysql-server-core-5.1 mysql-server-5.1 mysql-cluster-server-5.1

sama seperti langkah diatas tinggal tekan y aja installasi akan berjalan dengan sendirinya.kalo ini semua sudah selesai sekarang tinggal konfigurasi untuk menjalankan apachenya. sampai disini dulu aja yah besok disambung lagi untuk konfigurasi apache php dan mysql.

2 komentar:

  1. bagus pak,masalahnya egi harus ngulang lagi pak
    kemarin baru install ulang lagi linuxnya

    BalasHapus
  2. oh ya pak
    jangan lama-lama ya sambungannya

    BalasHapus