Senin, 14 November 2011

Kompile kernel 3.0.4 di debian 6.0

Setiap orang pasti ingin menggunakan yang terbaru, lebih bagus lagi kalo hasil buatannya sendiri, itulah yang seharusnya kerena kita manusia harus bisa menjadi subjek bukan objek. Manusia yang bisa menempatkan diri sebagai subjek itulah manusia yang terbaik. Sudah selayaknya kita semua ini menjadi yang terbaik, menjadi produsen bukan komsumen.

Open Source memberikan tempat bagi kita yang terbaik untuk melakukan sesuai selera kita sendiri. Kita layak untuk menjadi yang terbaik itu dengan mempelajari cara kerja sistem operasi yang diizinkan untuk mengimprov  sistem sesuai dengan selera kita. Artikel yang saya tulis kali ini akan menjelaskan bagaimana kompile kernel terbaru sesuai selera kita sehingga kita akan senang jika sudah berhasil. Setelah kita lakukan kompilasi kernel kita akan merasakan hal berbeda dan sangat menyenangkan betapa tidak kita bisa mengkompile kernel sendiri.

cara untuk kompile kernel itu banyak ternyata, jika kita melakukan serching diinternet sangat banyak tutorial yang menjelaskan hal ini, namun untuk debian sangat sedikit. Saya sudah melakukan kompile kernel puluhan kali namun yang berhasil baru sekali saja, perintah yang saya gunakan ini sesuai dengan buku panduan linux dalam bahasa ingris dan juga serching di internet. begini caranya :

1. Siapkan komputer yang sudah terinstall debian versi 6.0, yang terakhir juga boleh karena yang terakhir saat ini adalah versi 6.0.3.

2. Siapkan juga mud karena butuh waktu lama bahkan pengalaman saya seharian tergantung dari konfigurasi dan kecepatan komputer kita.
3. download  kernel terbaru dari http://kernel.org
4. ketikkan sudo su (enter)

5. kopikan file yang disudah diownload tadi ke /usr/src dengan perintah
# cp linux-3.0.4.tar.bz2 /usr/src

6. pindah ke /usr/src dengan perintah
# cd /usr/src

7.extrak file kernel dengan perintah
$ tar xfvj linux-3.0.4.tar.bz2

8. Install terlebih dahulu beberapa dependensi untuk dukungan kompilasi nantinya
# aptitude install build-essential qt4-dev-tools ncurses-dev

9. Konfigurasi dari kernel yang akan di compile.
# cd linux-3.0.4
# make menuconfig
# make
# make modules

10. Jika terjadi error, lakukan seperti berikut
# make CONFIG_DEBUG_SECTION_MISMATCH=y

11. Instalasi modul-modul kernel
# make modules_install

12. Instalasi kernel 3.0.4
# make install

13. Membuat Initial ramdisk image
#  cd/boot
# mkinitramfs -o initrd.img-3.0.4 3.0.4

14. Perbaharui grub dengan perintah
# update-grub

15. Selesai, silahkan di restart kompiternya, selamat menikmati
# reboot

Catatan :
Keberhasilan saudara dan kita semua tergantung dari kerja keras kita sendiri, namun jangan lupa mengucapkan terimakasih kepada Allah sebagai rasa syukur kita telah diberi ilmu pengetahuan dan diberi hidup untuk menikmati kehidupan ini. Rasa syuur itu harus diwujudkan dengan perbuatan sebagai abdi Allah.

sumber :
berbagai sumber buku dan internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar