Minggu, 19 Desember 2010

Install dan Konfigurasi VirtualBox Ose di Ubuntu 10.10

Saat ini masih banyak masyarakat enggan menggunakan Software Open Source dan free, heran memang tapi begitulah kondisi rang kita di Indonesia, padahal pemerintah sudah mengeluarkan Kepres tentang penggunaan saftware legal, dan saat ini Menkomimfo juga gencar memberikan pelatihan tentang open source. Alasan masyarakat bolehe dibilang klasik dan terkesan mengada-ada, yang jelas intinya tidak mau belajar lagi.
Dunia pendidikanpun masih terjadi hal seperti ini, bahkan salah satu Akademik bilang kalo kampusnya belum mampu mengganti ke Open Source, pertanyaan kapan akan mampu kalo tidak pernah dimulai. yang sering disudutkan adalah dosennya sendiri, pernyataan yang sering muncul adalah dosen belum mampu bahkan tidak bisa menggunakan open source. Wah mendingan tidak usah ngaku dosen kalau tidak mau belajar lagi untuk mahasiswa juga sama mendingan bobok aja di rumah kalau tidak mau belajar cuma maunya contek aja mendingan bobok jelas, maaf kalau ada yang tersinggung cuma manas-manasin loh.
Nah bagi yang belum minat di open source nih, saya kasih tahu satu hal penting kebetulan saya gunakan linux ubuntu 10.10 opensource siaptuh saya harus ngajar VB 6.0 bahasa pemrograman yang bleh dibilang sudah basi tetapi masih banyak penggunanya. Karena komputer saya sudah pake linux dan saya gak mau lagi ganti SO dan saya juga sudah bosan paken banyak sistem operasi, saya cari akal bagaimana caranya install VB 6.0 ke linux.
Jawabnya bisasih pake wine tetapi masih banyak kendala yah maklum aja tidak tempatnya. Solusi yang mungkin tepat sekaligus untuk coba-coba saya gunakan VirtualBox Ose yang saya install menggunakan pusat perangkat lunak ubuntu seperti gambar diatas, beres virtualBox Ose sudah terinstall, selanjutnya tinggal install SO Windows disana atau SO lainnya untuk coba-coba, namun terjadi kendala secara default virtualbox tidak bisa membaca usb yah usbnya terkunci dengan begitu tidak bisa digunakan, tetapi jangan kuatir gampang carangan buka aja kuncinya. Caranya gampang koq perhatikan gambar berikut :
Agar lebih mudah ok deh saya tulis ulang nanti tinggal kopy paste aja.
cara jalankan terminal biasa andalan linux pakai grafis aja ketikkan disana seperti ini

$ sudo gedit /etc/init.d/mountdevsubfs.sh
(enter jangan lupa yah)
akan muncul layar kosong siaptuh tuliskan ini :

#
# Magic to make /proc/bus/usb work
#
mkdir -p /dev/bus/usb/.usbfs
domount usbfs “” /dev/bus/usb/.usbfs -obusmode=0700,devmode=0600,listmode=0644
ln -s .usbfs/devices /dev/bus/usb/devices
mount –rbind /dev/bus/usb /proc/bus/usb

kalo malas nulis kopikan aja siaptuh simpan dan virtualbox bisa langsung dijalankan.
sampai disini dulu yah semoga bermanfaat ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar