Kamis, 12 Agustus 2010

Pengenalan FOSS


Banyak yang bertanya apa itu FOSS ??, melalui artikel kecil ini saya akan mencoba menjelaskan apa itu FOSS dan Kegunaannya. hal ini mungkin penting biar semua paham tentang FOSS itu sendiri. Sudah cukup lama saya tidak menulis, hal ini dikarenakan kesibukan saya sebagai dosen, yah harap maklumlah, sebenarnya bukan itu saja tetapi saya juga sedang mempelajari dan mencoba FOSS itu.

Ibaratnya sedang bertapalah untuk menambah ilmu kebal hehehehe, di bukit perawan yang tidak dijamah oleh manusia, sambil mencari guru yang mumpuni tapi sayang sulit dapat gurunya soalnya banyak gurunya pada sibuk yah terpaksa deh bertapa, hehehe.

Sekarang saatnya saya turun gunung dan siap mencari murid, (helel sok sok an) sudahlah tidak perlu dipanjan lebarkan cukup sampai sini saja membualnya. sekarang kita mulai pengenalan FOSS bagi yang belum kenal, bagi yang sudah master mohon maaf yah kalo saya salah mohon diperbaiki jangan diketawain ok.

FOSS kependekan dari Free / Open Source Software. Free berarti gratis bukan gratisan begitu yang saya dapat dari bertapa (hehe kembali lagi nyeleneh), Open source berarti terbuka sumbernya sehingga memungkinkan untuk merubah dan mengganti serta memperbaiki jika terdapat kerusakan, artinya jelaskan yang terbuka itu sumbernya jadi disini siapapun anda dan siapapun saudara boleh merubah dan meperbaiki begitu (bukan kata mbah dukun, kata mas harum iya hehee), Software berarti perangkat lunak komputer. FOSS bearti sofware gratis/terbuka untuk dikembangkan dan diperbaiki bahkan dirubah.

Open Source Software (OSS) adalah perangkat lunak komputer yang kode sumber programnya tidak dirahasiakan atau terbuka, bebas disebarluaskan, program dapat dikembangkan bersama, dicopy, dimodifikasi/diperbaiki, dll. dg atau tanpa biaya: (sumber : www.opensource.org/docs/osd).

Sejarah kenapa software ngatis, ada yang mau tahu tidak, oklah mau tidak mau deh ini ceritanya Sebelum tahun 1976 semua software itu open source, lalu ada UU hak cipta yg melindungi proprietary software, maka 1983 ada gerakan Free Software. (sumber : Rusmanto Maryanto, seminar di Pekanbaru 2010). proprietary apa itu yah, monster kali yah bukan itu adalah software yang diperdagangkan, maksudnya yang dijual itu lisensinya doang gitu. wah apa itu lisensi ???, monster lagi tuh bukan lisensi itu izi penggunaan software begitu jadi kalo ada yang beli software kurang tepat yang tepat beli izin pakai.

Sejarah lagi yah tentang Free Software jadi Free Software adalah istilah yang lebih dulu ada (yakni tahun 1983) sebelum istilah Open Source ada (yakni tahun 1998). Free bukan gratis tapi Freedom (bebas atau merdeka). ini ada empat kebebasan dalam Free Software adalah: 1) bebas menggunakan untuk apa saja; 2) bebas mempelajari cara kerjanya; 3) bebas mengcopy; 4) bebas memodifikasi dan menyebarkan hasilnya, dg atau tanpa biaya (sumber : www.fsf.org).

Ok sampai disini dulu pelajarannya, oh iya untuk materi yang lengkap and bisa dibaca – baca dirumah download yah disini ni ni…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar