Sabtu, 21 Agustus 2010

Update di Ubuntu


Ubuntu persi 10.4 menang agak sedikit berbeda dengan ubuntu versi sebelumnya, dalam hal tertentu tentu sama. Perbedaan memungkinkan bagi kita untuk menambah ilmu pengetahuan dan pemahaman tenteng linux itu sendiri. Ubuntu saat ini sudah banyak memiliki varian diantaranya BalonkOn yang pada bulan ramadhan ini dirilis BlankOn Muslim Edition yang diberi nama BlankOn Sajadah.
link download untuk BlankOn Sajadah
Seperti halnya OS induknya itu sendiri yakni Ubuntu Versi 10.4, BlankOn Sajadah juga mudah digunakan, hanya tinggal masukkan cd tanpa harus terinstall pada komputer. CD ini dikenal dengan CD LIVE, yang namanya live yah langsung gitu.
saya sendiri juga belum mencoba blankon versi ini sih tetapi biasa sama saja dalam hal tertentu terutama file repo dan update.
Tulisan ini saya kususkan untuk update ubuntu yakni ubuntu 10.4 yang saya gunakan saat ini. Sebenarnya sih saya lagi kurang mut menulis karena ada pertanyaan dari seorang teman makanya kembali saya harus tulis ini, moga - moga membantu, dan juga menjadi amal tentunya bagi saya dan bagi teman - teman yang mau menyebar luaskan informasi berupa ilmu pengetahuan secara gratis.
Ok kita mulai saja, sebelumnya saya ceritakan pengalaman saya dulu yah, susah senangnya saya menggunakan ubuntu versi 10.4 ini dan susahnya saya gunakan linux tentunya.
Saya kenal linux ini sudah lama dan saya juga sudah menggunakan sejak tahun 2003 namun karena keadaan saya terpaksa deh mengikuti aturan kampus yang menggunakan so lain, dibilang terpaksa yah terpaksa juga dibilang tidak yah tidak juga, pokoknya harus gunakan itu kenapa karena itu yang diajarkan.
Saat ubuntu 10.4 muncul saya langsung kembali ke linux kali ini dengan sungguh - sungguh apapun yang akan terjadi biarlah terjadi, itu yang ada dibenak saya. teman - teman pun pada memberi semangat dengan mengajak belajar bareng yah tentunya saya di tunjuk sebagai mentor (gurulah bahasa kerennya), yah namanya permintaan ya saya sanggupi aja, pikir saya waktu itu yah belajar bareng terus kalo ada masalah yah di selesaikan secara bersama gitu.
Pas hari pertama belajar kami terbentur masalah yang cukup membuat sakit kepala, apa itu masalahnya wifi gak terdetek. Masalah ini sangat rumit bagi saya kemudia saya bilang sama temen-temen komputer saya koq bisa yah mungkin nih versi komputer yang perlu dicari permasalahannya. Artinya ada Hardware da tidak didukung begitulah kira atau driver untuk kooputer tertentu emang belum atau tidak didukung, coba cari solusinya di internet. Internet yah gak mungkin dong pak katanya (kebetulan mereka ini juga mahasiswa saya jadi yah manggilnya selalu bapak), Saya jawab dengan sepele aja colokkan aja kabel ke Lan gitu kan gampang, tanpa harus konfigurasi terus cari di internet bagaimana cara mengatasi masalah ini.
Satu orang ada sangat kreatif dan akhirnya menemukan cara yang gampang cukup update kernel khusus Wifi lewat internet selesai. caranya gemana ya update aja ubuntunya sebanyak 2 kali (begitu kata teman saya)
in perintahnya..
jalankan terminal
- tekan ctrl + Alt + F2 atau lewal terminal dari acessoris
$ sudo apt-get ubgate
masukkan password
(tunggu sampai selesai siap itu lakukan upgrade)
$ sudo apt-get upgrade
(tunggu sampai selesai, waktunya tergantung dari jumlah paket yang di-upgrade)
hanya upgrade aja sudah menyelesaikan permasalahan cuma satu kuncinya harus selalu terhubung dengan internet, begitulah kira-kira, pake cd bisa sih ubtuk ubdate tetapi tentu tidak sebaru yang ada di internet.
kemudian ada persoalan baru lagi saat itu saya gunakan fedora 12, permasalahannya Touch Screen pada komputer saya juga gak terdetek,watu itu saya gak ambil pusinglah karena masih ada ubuntu 10.4 yang sudah terinstall pada komputer saya. Persoalannya muncul dari temen yang tiba-tida ada di Hp saya, Harun Touch Stcreen saya kod gak terdetek. Wah gawat nih saya harus cari juga permasalahan ini begitu pikir saya. Saya coba cari referensi untuk ini koq gak dapat-dapat yah, kemaren belum lama lah 2 hari sebelum saya nulis artikel ini saya ketemu teman kebetulan dia juga gunakan fedora namun versi 13. Saya coba tanyakan aja Touch Screennya ada masalah gak terus apa lebihnya dari versi 12, dia bilang sama saja. masalah Touch Screen saya yang gak terdetek gimana? tanya saya, cuma saya lihat begitu katanya. oh ini katanya cukup setting aja di mouse.
saya langsung aja klick System-Freferent-Mouse, Enable-kan aja katanya ternyata hanya itu persolannya.
Ok sampai disini dulu moga-moga bermanfaat, kritik saran dan apapun namanya itu tuliskan di komentar, biar saya tahu apa keluhan teman-teman dan kalo ada yang merasa memiliki ilmu yang tinggi tolong dong ajarin saya.. maklum saya masih belajar dan memiliki ilmu yang dikit jadi harus terus belajar. terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar