Selasa, 26 Oktober 2010

Upgrade Ubunto 10.4 ke 10.10 online



Virus ubuntu linux open source mengjangkiti warga kota Pekanbaru, Warga terutama dosen dan mahasiswa dihebohkan ubuntu 10.10. Dikampus tempat saya bekerja ubuntu 10.10 mulai diinstall di komputer karyawan dan dosen. Penginstallan ini atas permintaan Dosen dan Karyawan itu sendiri. Mahasiswa juga mulai ribut dengan Linux ini.
Komunitas Pengguna Linux dan FOSS semakin semakin dicari sebagai media pembelajaran. Komunitas kecil yang bernama 'F1ng F/OSS' Community pun kebanjiran anggota untuk bergabung. 7 orang mahasiswa dan dua orang dosen dari berbagai perguruan tinggi dan universitas menyatakan diri untuk bergabung pada F1ng FOSS communitas ini.
Mau tidak mau saya juga harus upgrade ubuntu yang saya pake dan umum dipake anggota komunitas, memang beberapa anggota komunitas sudah melakukan upgrade ubuntu dari 10.4 ke 10.10 menggunakan cd installer, automatis install ulang dan install semua aplikasi pendukung, apalagi pengguna semua pengguna ubuntu tahu kalo ubuntu menyembunyikan pasilitas upgrade saat penginstallan.
Seorang teman brosing di internet dan menemukan cara untuk mengupgrade secara online dengan menggunakan update manager bawaain ubuntu itu sendiri. Situsnya saya lupa dalam bahasa inggriss memang, seingat saya situs komunitas ubuntu. caranya gampang koq, ikutin langkah - langkah ini yah :
Buka terminal dari Aplication, Assessoris, teminal
ketikkan
$sudo su -
masukkan password
#update-manager -d
akan muncul update manager seperti biasa diubuntu lihat sudut kanan atas lalu klick upgrade,
beresdeh tinggal tunggu saja beberapa jam lah.
ada trik nih biar gak jenuh nunggu, itu yang saya lakukan tadi malam, tadi malam jam 23 lebih atau kurang dikit saya mulai lakukan upgrade di laboratorium kampus, saya tunggu beberapa saat sampai keadaan normal, atau pastikan sudah tidak ada lagi yang perlu di klick,
sampai kurang lebih dikit jam 23.30 saya pastikan tidak ada masalah dan tinggal nunggu, saya colokkan aja charger batrai ke arus listrik dan saya tinggal pulang (bobok hehehe ...). Pada pagi harinya saya datang lagi kekampus, laptop saya sudah mati sendiri karena gak ada proses. langsung saja saya restart dan hasilnya woau upgrade sudah selesai.

3 komentar:

  1. Informasi yang berguna kawan

    BalasHapus
  2. ok ...

    ini kurang berguna yah ..

    ocehan diatas itu hanya biar agak lebar aja pembahasannya...

    tanks atas sarannya

    BalasHapus
  3. Saya sangat iri dengan kampus Anda, Mas. Di SMA saya yang majemuk adalah salin-menyalin Photoshop, film, lagu, CorelDRAW, bahkan Windows. Saya senang membaca info dari mas. Teruslah promosikan open source ke orang-orang, Mas.

    Terima kasih atas kunjunganmu di gubuk saya. Salam hangat dan jabat erat.


    Ade Malsasa Akbar

    BalasHapus